Type Here to Get Search Results !

14 Contoh Bisnis Menjanjikan di Desa dan Menjadi Peluang Besar untuk Kamu

Bisnis di desa
Contoh bisnis menjanjikan di desa


Bangnasir.com - Bisnis menjanjikan di desa - Desa adalah tempat yang penuh dengan potensi dan peluang bisnis yang belum banyak dieksplorasi. Di saat banyak orang berfokus pada peluang bisnis di perkotaan, kamu bisa melihat kesempatan emas di lingkungan desa.


Terdapat banyak bidang usaha dan bisnis menjanjikan di desa contohnya seperti bisnis pertanian, kerajinan tangan, industri makanan ringan dan masih banyak yang lainnya yang bisa kamu coba. Untuk mendapatkan ide bisnis di desa sebenarnya tergantung dari pandangan orang tersebut dan situasi desa.


Baca juga : Cara-cara untuk pemula yang ingin terjun di dunia bisnis jual beli pinang


Saya akan memberikan beberapa contoh yang bisa kamu lihat di bawah sebagai referensi kamu untuk memulai usaha di desa. Contoh-contoh usaha tersebut semuanya bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar bila kamu pandai dan kreatif dalam mengelola suatu usaha.


Berikut adalah 15 contoh bisnis menjanjikan di desa dan mempunyai prospek yang bagus untuk masa depan:

Sebelum kamu benar benar terjun ke salah satu contoh usaha di bawah, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu di bidang tersebut. Namun saya menyarankan kamu untuk memilih sesuai dengan keahlian kamu masing-masing.


Suatu usaha tidak akan mungkin berhasil bila kita tidak mengetahui atau tidak mempunyai keahlian di bidang usaha yang sedang kita geluti. Maka dari itu pelajari seluk beluk tentang usaha yang akan kamu jalani.


Langsung saja kita simak apa saja contoh usaha menjanjikan di desa dan mempunyai peluang bagus bagi masa depan kamu.

1. Peternakan

Mulai dari peternakan ayam, sapi, kambing, atau perikanan. Dengan perawatan yang tepat dan pemasaran yang efektif, peternakan bisa menjadi sumber pendapatan yang stabil. Bisnis peternakan banyak di lakukan oleh orang yang tinggal di daerah pedesaan karena mengurangi dampak polusi bagi masyarakat yang tinggal.


Memulai bisnis peternakan di desa juga lebih untung dan efisien, karena memiliki lahan yang cukup luas tanpa mengganggu orang sekitar.


2. Wisata Desa

Kita tahu bahwa desa terdapat banyak sekali keindahan alam yang begitu alami dan dapat membuat siapa saja yang berkunjung ke desa bisa menjadi lebih tenang dan nyaman. Desa juga terdapat tempat tempat wisata yang sangat menakjubkan seperti air terjun, Sungai bebatuan, Kebun yang luas dan indah, dan hewan hewan langka yang tidak bisa kita jumpai di kota.


Oleh karena itu kamu bisa mengembangkan potensi pariwisata lokal dengan membuat paket wisata, homestay, atau cafe dengan nuansa desa yang asri.


3. Warung Digital

Membuka warung dengan fasilitas internet cepat. Memberikan layanan cetak, fotokopi, dan akses internet untuk masyarakat sekitar merupakan ide yang bagus untuk kamu coba. Bagi masyarakat yang tinggal di desa untuk bisa mendapatkan beberapa contoh tadi mereka harus rela ke kota agar bisa mendapatkannya.


Maka kesempatan ini bisa menjadi peluang bagi kamu untuk meraih keuntungan dan juga meringankan pekerjaan mereka, mereka tidak perlu lagi ke kota hanya untuk mencetak dokumen atau mendapatkan fasilitas internet karena telah kamu sediakan.


4. Produk Olahan Makanan ringan

Kamu bisa memanfaatkan hasil tani sekitar sebagai bahan olahan makanan yang siap saji. Contohnya keripik, sambal, abon, tepung, beras dll.


Desa terdapat banyak sekali hasil tani yang bisa kamu jadikan sebagai bahan makanan ringan dan siap saji. Kamu di tuntut untuk lebih kreatif dalam mengolah hasil tani dan perkebunan warga yang di tempat kamu tinggal


Baca juga : Ingin bergelut di dunia usaha ayam kampung? Pelajari duli caranya di sini.


5. Pusat Kursus dan Pelatihan

Memberikan pelatihan atau kursus, seperti memasak, menjahit, atau keterampilan digital kepada masyarakat setempat bila kamu ahli atau mempunya keterampilan di bidang tersebut.


Banyak orang anak-anak, remaja dan orang dewasa yang pergi ke kota untuk mendapatkan kursus yang ingin mereka pelajari. Kamu bisa terapkan ini sesuai keahlian yang kamu miliki.


6. Klinik Kesehatan dan Apotek

Kita tahu untuk menjangkau suatu kota tidaklah dekat, perlu beberapa menit bahkan jam untuk bisa tiba ke kota. Hal ini menjadi permasalahan bagi orang yang sedang mengalami sakit atau membutuhkan bantuan tenaga medis.


Memberikan layanan medis dan menjual obat-obatan di area yang belum memiliki fasilitas kesehatan yang memadai adalah prospek yang besar dan bisa membantu banyak orang yang tinggal di desa.


7. Bisnis Properti

Mengembangkan lahan untuk perumahan, atau menyewakan rumah bagi mereka yang ingin menikmati suasana desa. Sangat banyak sekali orang mendambakan untuk bisa hidup di desa tanpa harus membeli rumah di sana, contohnya orang yang tinggal di kota. Mereka memiliki keinginan untuk bisa menikmati nuansa alam yang ada di desa.


Kamu bisa membangun rumah atau kontrakan untuk kamu sewakan atau di jual. Selain harga lahan yang terbilang murah, biaya pembangunan juga relatif lebih kecil untuk membangun properti di desa.


8. Pabrik Kecil dan Menengah untuk industri Makanan ringan

Peluang bisnis menjanjikan di desa dalam industri makanan ringan melibatkan pendirian pabrik kecil dan menengah. Dalam bisnis ini, Anda dapat memproduksi makanan ringan seperti keripik, kacang, camilan sehat, atau produk serupa. Potensi kesuksesan bisnis ini ada karena permintaan makanan ringan terus meningkat


9. Transportasi Lokal

Bagi wisatawan yang berkunjung ke desa, alat transportasi menjadi kendala bagi mereka untuk berkeliling menikmati tempat yang tersembunyi dan memiliki keindahan. Maka menyediakan transportasi untuk wisatawan atau masyarakat lokal dengan menggunakan sepeda motor, becak, atau mobil adalah solusi yang sangat tepat


10. Pertokoan dan Swalayan

Pertokoan dan swalayan di desa adalah peluang bisnis yang menjanjikan karena potensi pasar yang ada, kurangnya akses, keberagaman produk dan layanan yang dapat ditawarkan, dampak positif terhadap komunitas lokal, persaingan yang terbatas, dan perlu pemilihan lokasi yang strategis. Rencana bisnis yang matang, kemitraan dengan petani lokal, fokus pada kualitas produk dan pelayanan, serta pemahaman tentang izin dan regulasi lokal akan membantu kesuksesan bisnis ini.


11. Jasa Pengiriman dan Logistik

Menghubungkan desa dengan kota besar melalui jasa pengiriman barang atau makanan juga contoh bisnis yang sangat menjanjikan di desa. Selain mempermudah orang yang tinggal di desa, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa.


12. Pertukangan dan Perbaikan

Pertukangan dan perbaikan di desa memiliki banyak manfaat penting, baik bagi masyarakat desa itu sendiri maupun masyarakat luas. Menyediakan jasa tukang untuk perbaikan rumah, listrik, atau peralatan lainnya.


Bisnis pertukangan dan perbaikan bisa memberikan nilai tambah bagi properti dan aset milik masyarakat setempat. Ini dapat meningkatkan nilai properti dan memperbaiki kualitas hidup pemiliknya.


13. Pengolahan Sampah

Mengelola sampah organik dan non-organik, mengubahnya menjadi kompos atau produk daur ulang. Pengolahan sampah di desa adalah peluang bisnis yang dapat memberikan manfaat ekonomi dan lingkungan yang signifikan.


14. Budidaya Tanaman Obat

Budidaya tanaman obat di desa adalah peluang bisnis yang menjanjikan karena meningkatnya minat masyarakat terhadap pengobatan alami dan herbal. Singkatnya, peluang bisnis ini melibatkan menanam tanaman obat seperti jahe, kunyit, sambiloto, atau tanaman herbal lainnya di lahan yang tersedia di desa. Potensi keuntungan dapat diperoleh dari penjualan langsung ke pasar lokal, industri pengolahan herbal, atau ekspor.


Budidaya tanaman obat ini dapat mendukung kesejahteraan desa, mengurangi ketergantungan pada bahan impor, dan memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat. Dengan perencanaan yang baik, perawatan tanaman, dan pemahaman tentang permintaan pasar, bisnis ini dapat menjadi sumber pendapatan yang berkelanjutan di tingkat desa.


Baca juga : Bisnis makanan yang satu ini bisa mendatangkan cuan hingga puluhan juta loh


Dengan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan karakteristik masyarakat desa, serta kombinasi strategi pemasaran yang tepat, bisnis-bisnis di atas bisa menjadi peluang emas yang menjanjikan.


Jangan takut untuk berinovasi dan mengadaptasi ide bisnis sesuai dengan kondisi lokal. Seiring waktu, desa-desa di Indonesia dapat berkembang menjadi pusat bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan. 

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.